Alamat : Jl. Babakan Raya no 109 Kampus IPB Dramaga - Bogor, Jawa Barat.

Telp / Fax : 0251 8621 264
SMS Center : 0852 8397 9669
PIN BB : 2A1292B5

Jam Kerja : 09.00 - 21.00

Goa Gudawang Bogor


Gerbang Obyek Wisata Gua Gudawang


Bila anda ingin berwisata ke tempat-tempat wisata alam, Gua Gudawang dapat dijadikan pilihan bagi anda yang sedang mencari tempat wisata alam. Gua yang terletak di Kecamatan Cigudeg, Bogor ini dapat ditempuh dari Kota Bogor sekitar 30Km atau setara 1 jam perjalanan dan dapat juga di diakses dari Kota Tangerang melalui ParungPanjang dengan jarak tempuh 60Km atau 2 jam perjalanan.

Untuk menuju lokasi Gua Gudawang anda akan melalui jalan yang rusak, terlebih bagi anda yang melalui ParungPanjang. Nampaknya Pemerintah Daerah setempat kurang memperhatikan kondisi jalan menuju obyek wisata ini. Saat anda akan memasuki obyek wisata anda akan melalui gerbang obyek wisata Gua Gudawang yang mulai lusuh karena kurang dirawat.

Tiket masuk menuju Gua Gudawang tergolong murah harganya, hanya Rp 2500,- per orang. Di obyek wisata ini terdapat tiga gua yang terletak di kanan, kiri, dan depan pintu masuk obyek wisata. Tiga gua tersebut yakni Gua Simenteng, Gua Simasigit ,dan Gua Sipahang.

Pintu masuk Gua Gudawang



Pemandangan di Gua Gudawang


Gua-gua yang terletak di obyek wisata Gua Gudawang merupakan gua alami yang terbentuk dari proses sedimentasi yang terjadi selama ratusan tahun lalu. Di Gua Gudawang ini jangan pernah berharap untuk dapat menemukan fasilitas umum yang lengkap, karena obyek wisata Gua Gudawang ini baru di pugar sekitar tahun 2000 dan sampai saat ini kurang mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Bogor.


Area parkir Gua Gudawang



Papan penunjuk arah Gua Simenteng dan Gua Simasigit


Gua Simenteng
Disisi kiri sekitar 200meter dari pintu masuk obyek wisata dapat kita temui Gua Simenteng. Jalan setapak yang dibuat dari bebatuan menambah nuansa alami serta rindang pepohonan membuat udara di sekitar Gua Simenteng menjadi sejuk.

Jalan batuan menuju Gua Simenteng


Di mulut Gua Simenteng dapat dilihat mulut gua yang berbentuk Macan yang seolah-olah sedang “mengaum” menunjukan keperkasaannya kepada para pengunjung Gua Simenteng.

Mulut gua Simenteng


Di Gua Simenteng ini konon menurut cerita penduduk setempat memiliki akhir mulut gua lainnya di daerah Cisalak, Bogor. Untuk memasuki gua ini anda harus ekstra hati-hati karena anda akan dihadapkan pada tangga yang curam menuruni mulut gua. Begitu sampai didalam gua anda tetap harus berhati-hati karena kondisi yang gelap dan dingin membuat jangkauan pandangan menjadi berkurang.

Suasana di dalam Gua Simenteng


Walaupun lampu-lampu penerangan sudah ada, namun dirasa masih kurang karena lampu penerangan hanya terdapat di beberapa titik tertentu. Penelusuran kami terhenti tatkala kami menemui jalan gua yang berair setinggi betis kaki, kami memutuskan kembali keluar setelah menelusuri sekitar 400meter dari mulut gua karena kami tidak membawa peralatan yang memadai.

Gua Simasigit
Untuk menuju Gua Simasigit anda dapat berjalan kearah kanan dari pintu masuk obyek wisata Gua Gudawang. Sama dengan Gua Simenteng jalan menuju Gua Simasigit Juga terbuat dari bebatuan serta pepohonan rindang yang membuat teduh sekitarnya.

Jalan batuan menuju Gua Simasigit


Mulut Gua Simasigit juga beberntuk kepala macan yang “mengaum” sama dengan Gua Simenteng. Sangat disayangkan di gua ini belum diberi lampu penerangan untuk menelusuri isi Gua Simasigit.

Mulut Gua Simasigit


Bagi anda yang ingin menelusuri isi Gua Simasigit ini ada baiknya membawa peralatan penerangan dan dapat meminta pemandu untuk menelesuri isi Gua Simasigit.

Gua Sipahang
Setelah menelusuri Gua Simenteng dan Gua Simasigit, kini saatnya untuk menuju Gua Sipahang yang berjarak kurang lebih 400meter. Untuk dapat menuju gua ini kita harus menelurusi jalan setapak yang terbuat dari bebatuan, sayangnya jalan setapak sepanjang jalan terlihat begitu gersang hanya sedikit pohon rindang yang ada sehingga terik panas matahari langsung menyengat kulit.

Jalan setapak menuju Gua Sipahang


Untungnya terik panas matahari dapat terobati dengan indahnya pemandangan perbukitan di sekeliling obyek wisata Gua Gudawang.

Perbukitan di sekeliling obyek wisata Gua Gudawang


Begitu memasuki area Gua Sipahang, pepohonan rindang mulai menyapa kembali, sehingga penat keringat setelah melalui jalan setapak yang gersang terobati oleh sejuknya semilir angin. Gua Sipahang ini terdapat di dasar lembah, sehingga kita harus menuruni anak tangga untuk ke mulut Gua Sipahang.

Jalan menurun menuju Gua Sipahang



Pemandangan di sekitar Gua Sipahang



Menuruni anak tangga Gua Sipahang


Berbeda dengan Gua Simenteng dan Gua Simasigit, Gua Sipahang terlihat lebih alami, hal ini dapat dilihat dari mulut gua yang dibiarkan asli dan terlihat akar atau sulur pepohonan di atasnya.

Mulut Gua Sipahang



Mulut Gua Sipahang


Di mulut gua kita bisa menemukan pemandu gua yang membawa lampu petromak untuk mengantar pengunjung menelusuri Gua Sipahang. Gua ini merupakan gua yang berair jadi apabila anda ingin menelusuri gua ini anda harus siap basah terendam air gua yang dingin.

Bagi anda yang berjiwa petualang berwisata ke Gua Gudawang yang berlokasi di Kecamatan Cigudeg, Bogor dapat dijadikan pilihan terlebih suasana yang masih alami di ketiga guanya. Semoga obyek wisata-wisata alam seperti Gua Gudawang ini mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata setempat sehingga obyek wisata Gua Gudawang menjadi lebih indah dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat terlebih masyarakat Indonesia.


Sumber : http://www.indonez.com

next previous HOME